Penyebab Munculnya Kode FO Pada AC Sharp

Daftar Isi

kode error FO pada ac sharp
 
Kode Error pada AC sharp FO ini cukup sering dialami oleh pengguna ac sharp. Dengan munculnya kode sharp FO ini disebabkan oleh beberapa masalah pada unit AC seperti AC tidak dingin, mati sendiri dan penyebab lainnya.

Pada artikel kali ini kami akan memberikan sedikit penjelasan tentang kode error FO pada ac sharp dan cara mengatasinya. Bila sudah tau penyebab dan caranya anda bisa memperbaikinya sendiri atau memanggil teknisi terpercaya.

Kode Error FO Pada AC sharp muncul karena thermistor mendeteksi tidak ada udara dingin sehingga sistem PCB Modul melakukan perlindungan pada unit AC dan mengeluarkan kode error FO.

Setelah muncul kode FO AC biasanya akan mati sendiri dan tidak bisa dinyalakan lagi, untuk bisa nyalakan lagi harus direset dengan cara memutus aliran listrik AC dengan menurunkan MCB atau macabut steker AC.

Sebelum ke cara mengatasinya kita kasih tau beberapa penyebabnya dulu ya :

  1. AC Kotor
  2. Thermistor rusak
  3. kapasitor kompresor atau fan rusak
  4. Kompresor overload
  5. Fan outdoor rusak
  6. freon kurang atau habis

Cara memperbaikinya kode error FO pada AC sharp :

  1. Memutus aliran listrik pada unit ac sekitar 2 - 5 menit lalu coba nyalakan lembali AC. hal ini bila dilakukan oleh semua pengguna untuk mengatasi sejenak masalah yang timbul, bila masih keluar FO lagi maka harus panggil tukang AC.
  2. Periksa ke thermistor pada unit indoor dengan melepas thermistor lalu ukur dengan multimeter atau tang amper.
  3. Periksa kebagian outdoor Cek tekanan freon dan amper kompresor, pastikan tekanan freon normal dan amper sesuai dengan nameplate. bila freon kurang atau habis cari kebocoran freon dimana dan lakukan isi ulang freon.
  4. Periksa ke bagian kapasitor kompresor dan fan. Lakukan pengecekan ukuran kapasitor dengan mengunakan multimeter, pastikan ukuran masih sesuai dengan ukuran kapasitor asli, Bila tidak sesuai ukuran lakukan pengantian.
  5. Cek ke bagian kipas blower outdoor masih berputar apa tidak.
  6. Jika semua sudah diperiksa dan normal semua dan masih muncuk kode error FO maka kemungkinan besar PCB Modul rusak.
Jika anda kesulitan melakukan pengecekan maka silahkan panggil teknisi AC tedekat, kami melayani service ac jakarta selatan dan sekitarnya. Kontak kami.

Sekian dulu artikel tentang kode error FO yang muncul pada ac sharp. semoga dapat membantu anda semua.


Delta Multi Technic
Delta Multi Technic Penyedia layanan terkemuka untuk perbaikan dan pemeliharaan perangkat elektronik rumah tangga di wilayah Jakarta Selatan.

Posting Komentar