Komponen Mesin Cuci 2 Tabung dan Fungsinya

Daftar Isi

komponen mesin cuci 2 tabung

 Mengenal Komponen mesin cuci 2 tabung - Mesin cuci dibuat untuk memudahkan dalam hal pencucian pakain karena hampir setiap hari ibu rumah tangga melakukan pencucian pakain.

Mesin cuci 2 tabung memiliki beberapa komponen. Mesin cuci dua tabung memiliki 2 tabung terpisah yang berbeda fungsi, tabung pencucian dan tabung pengering.

Walaupun sekarang sudah ada mesin cuci yang 1 tabung yang lebih praktis tapi masih banyak yang suka dengan mesin cuci 2 tabung, suka dari segi harga murah, praktis dan biaya service lebih murah sih pasrtinya.

Body/rangka 

Body mesin cuci ini berfungsi untuk menopang tabung mesin cuci dan menjaga komponen mesin cuci itu sendiri dari ciprataan air dan sabagai dudukan dinamo mesin cuci.

Ukuran body mesin 2 tabung jauh lebih besar dari pada mesin cuci 1 tabung karenan memiliki 2 tabug yang terpisah dan berbeda fungsi.

Selektor display

Selektor displaya ialah tombol tombol yang berfungsi untuk mengatur jalannya mesin cuci sesua kebutuhan kita. Kebanyakan ada 4 macam tombol/putaran.
  • Wash timer berfungsi untuk proses pencucian berapa lama.
  • Spin timer berfungsi untuk proses pengeringan berapa lama.
  • Drain selektor berfungsi proses pembuangan air setelah mencuci.
  • Wash selektor berfungsi untuk jenis proses putaran pencucian, terdiri dari lembut sedanng dan cepat.

Pulsator

Pulsator ini berfungsi untuk mengerakan pada saara proses pencucian dengan sistem kerja bolak balik dan terdapat didalam tabung pencuci atau inner wash tube. Bertujuan untuk menghilangkan noda yang menempel pada pakain yang dicuci.

Inner wash tube / Tabung pencuci

Inner wash tube ini adalah sebagai tabung pencucian pakaian, untuk ukuran besarnya tergantung dari kapasitas mesin cuci intu sendiri.

Spin Tube / Tabung pengering

Spin tube merupakan tabung untuk proses pengeringan pakaian dan memiliki banyak lubang kecil untuk membuang air yang ada dipakain sisa pencucian tadi.

Seal pengering / billows

Seal spin ialah karet elastis yang berbentuk bulat dibagian tengah terdapat lubang untuk AS tabung mesin cuci.

Posisi billows ini terdapatdi bawah tabung pengering tadi bertujuan untuk menjaga keseimbangan tabung mesin cuci pada saat proses pencucian dan untuk menjaga air tidak turun ke dinamo drain.

Motor spin

Motor spin ini berfungsi untuk memutarkan tabung pengering. motor spin hanya berputar satu arah jarum jam dan mempunyai kecepatan berputar lebih kencang , untuk mengeringkan pakain.

Motor wash

Wash motor adalah motor kecepatan rendah dengan torsi tinggi untuk menggerakkan pulsator. Dengan begitu, bisa dibilang motor ini digunakan selama proses pencucian berlangsung.

Vanbelt

Vanbelt berfungsi untuk menghubungkan gerakan dari motor wash ke gearbox, jadi membuat fulsator berputar bolak balik pada saat proses pencucian.

Gearbox

Memilik fungsi mengerakan fulsator dan memiliki tenaga yang lebih besar. dari motor wash diteruskan ke gearbox dan diteruskan lagu ke fulsator memalui As gearbox.

Kapasitor

Kapasitor berguna untuk menyimpan daya sementara, dan membantu pemutaran dinamo wash/spin di awal saat mesin hendak dihidupkan. Sederhananya, kapasitor adalah penguat dalam proses pencucian dan pengeringan. besaran kuatnya ditentukan dari ukuran kapasitor itu sendiri.

untuk untuk kapasitor standart kebanyakan 6+12 uF.

Switch pintu spin

Berfungsi untuk menghubungkan arus listrik ke motor mesin cuci. Saat proses pengeringan/spin berlangsung, pintu harus ditutup. Jika pintu dibuka, saklar otomatis akan memutus dan menghentikan putaran motor. Dengan demikian, proses pengeringan akan berhenti dengan sendirinya.

Selang pembuangan

berfungsi untuk mengalirkan sisa air cucian atau air pengeringan ke tempat pembuangan air yang sudah anda sedikan dirumah. misal lubang pembuangan. selokan dll.

Demikan ulasan tentang komponen yang ada pada mesin cuci 2 tabung dan fungsinya. semoga dapat membantu anda semua dalam belajar atau ingin mengetahui fungsinya komponen yang ada pada mesin cuci 2 tabung.
Delta Multi Technic
Delta Multi Technic Penyedia layanan terkemuka untuk perbaikan dan pemeliharaan perangkat elektronik rumah tangga di wilayah Jakarta Selatan.

Posting Komentar