Fungsi Kapasitor AC Split

Daftar Isi
Disini kami akan membahas tentang fungsi kapasitor pada AC Split.

Fungsi kapasitor ialah untuk membantu putaran awal mesin kompresor / dinamo fan pada awal dinyalakan sehingga bunyi start motor listriknya lebih halus.

Saat pertama dinyalakan perlu tenaga besar dan kapasitor di sini dimanfaatkan muatan listrik yang disimpan untuk dialirkan ke kumparan motor listrik dan jika mesin kompresor / atau motor fan sudah berputar maka selesai sudah tugas kapasitor.


FUNGSI KAPASITOR PADA AC SPLIT

Kapasitor sendiri terlatak di unit indoor dan outdoor.

kapasitor Fan dibagian indoor untuk ukurannya juga beda-beda tergantung ukuran pk AC dan merk biasanya ukuranya kisaran 0,8 - 5 UF(mikro) untuk ac split 0,5 - 2,5 pk. Untuk kapasitor pada indoor sendiri terlatak dimodul/pcb ada juga yang terpisah dari pcb.

Kalau dibagian outdoor terdapat 2 unit, kapasitor fan dan kapasitor kompresor. Kapasitor fan untuk dinamo fan/blower kondensor yang ukuran kisaran 1- 3 UF (mikro). Ada juga yang kapasitor fannya digabung pada kapasitor kompresor atau disebut juga kapasitor double/kaki tiga. (lihat pada gambar diatas modelnya)

Untuk kapasitor kompresor sendiri ukurannya kisaran 15-60 UF, kompresor 0,5-1pk biasanya menggunakn kapasitor ukuran 15-25 UF dan kompresor 1,5-2,5 pk menggunakan 30-60 UF.a


Bila kapasitor rusak gejala yang ditimbulkan ialah

1. Pada awal nyala kompresor suaranya keras
2. Kompresor mati hidup
3. Kompresor sama sekali tidah hidup
4. waktu mesin kompresor mau hidup listrik atau mcb turun

Bila kita mau memastikan kapasitor itu rusak apa tidak,kita bisa mengukurnya dengan mnenggunakan multitester. Caranya kita harus punya multitester tentunya dan yang harus kita lakukan seting multitester ke skala OHM bila sudah selanjutnya kita tempalkan ujung kabel/jarum multitester pada socket kapasitor dan perhatikan pada jarum multiterster naik dan langsung turun ?

# Jika jarum naik dan langsung turun dengan cepat maka menandakan kapasitor  tersebut masih bagus dan normal.
# Namun jika jarum sama sekali tidak bergerak atau jarum naik tidak turun lagi maka menandakan kapasitor rusak.
# bisa juga dilihat lansgung dari fisik kapasitor, bila kapasitor keluar cairan dan bentuk bagian bawahnya tidak rata/cekung itu biasanya rusak.

Cukup sekian pembahasan tentang fungsi kapasitor dan cara mengukurnya. semua yang saya ketik sesuai pengalaman pribadi dan pengalaman teman teman sesama team teknisi AC jadi bila ada salahnya mohon maaf. masih belajar juga bos kami. semoga bermanfaat.

Salam dingin selalu
Delta Multi Technic
Delta Multi Technic Penyedia layanan terkemuka untuk perbaikan dan pemeliharaan perangkat elektronik rumah tangga di wilayah Jakarta Selatan.