Penyebab Lampu Indikator AC Berkedip dan Cara Mengatasinya

Daftar Isi
Penyebab lampu indikator Ac berkedip dan cara mengatasinya, sering kita alami di Ac rumah kita sendiri lampu indikator ac berkedip - kedip. Permasalahan lampu AC berkedip ditandai dengan adanya masalah pada unit Ac kita, faktor masalahnya antara lain :


penyebab lampu indokator ac berkedip kedip


AC Kotor

Unit Ac kotor salah satu penyebabnya indikator ac berkedip dikarenakan sirkulasi udara yang tidak maksimal, sebab udara yang dihisap terhalang oleh debu-debu yang menempel pada filter dan evaporator.

Thermistor Rusak

Thermistor / pengatur suhu udara terletak di indor ini berperan untuk mengatur suhu udara ruangan sesuai yang di inginkan, pada suhu tertentu thermistor akan memutus dan mengirim arus. jadi pastikan termistor bekerja dengan baik biyar ac nya bekerja maksimal

Kurangnya Freon ( refrigerant )

Kurangnya tekanan freon pada AC mengakibatkan lampu indikator AC berkedip dan juga menyebabkan kurang dinginnya suhu ruangan, kurangya freon ditandai dengan pipa ac kecil pada outdor beku. Cara mengatasinya dengan menambah tekanan freon sesuai standar nya.

Blower indor Tidak bekerja

Blower indoor ini berfungsi untuk menghembuskan udara dingin dari evaporator, apabila blower indor tidak bekerja maka akan terjadi lampu indikator berkedip, faktor penyebabnya adalah dari dinamo fan blower tidak jalan, jalur modul ke dinamo putus, kapasitor fan rusak, bearing nya seret. cara mengatasinya yang pertama cek bearing dan kapasitor fannya, jika tidak bisa silahkan hubungi teknisi AC.

Unit Outdor tidak Nyala

Unit outdor tidak nyala disebabkan beberapa faktor, antara lain termistor rusak, kapasitor kompresor rusak, kompresor sudah shot (mati), overload, jalur instalansi dioutdor ada yang putus.

Soket Kendor

Soket kendor biasanya terjadi karena usia ac sudah lama, lakukan pemeriksaan pada modul nya dan kencangkan kembali soket kabelnya ( jika perlu bersihkan seluruh modul dan soketnya dengan kuas ).

Modul Kecipratan Air

Modul cipratan air juga bisa mengakibatkan lampu indikator ac berkedip, biasanya terjadi cipratan air setelah dilakukan service cuci. Cara mengatasinya bersihkan air pada modul dengan dijemur atau pakai hair dryer. tunggu sampai kering total baru dipasang dan dinyalakan kembali.

Kompresor sering standby

kompresor sering stundby disebabkan karena kurangnya tekanan freon dan termistor rusak, unit outdor kotor juga bisa, ampere kompresor sudah melebihi standar.

Nah itulah beberapa penyebab lampu indikator AC berkedip sesuai pengalaman.

Baca juga : Penyebab Ac tidak dingin

Cara mudah mengatasi lampu indikator AC berkedip

Setelah membahas penyebabnya, disini  saya  juga akan membahas juga cara mengatasi lampu ac berkedip. Caranya dari mereset modul nya dari MCB nya diturunkan atau juga bisa mencabut steker stop kontak AC nya dan jangan lupa lepas batarei remotnya, kurang lebih 3 - 5 menit baru naikan mcb / colokan kembali steker nya dan pasang lagi baterai remot. nyalakan kembali ac nya dan seting remot di mode cool dan suhu sesuai yang anda inginkan.

Jika selang beberapa lama AC anda mengalami masalah yang sama lagi, berarti anda harus panggil tukang  AC yang profesional.

Sekian dan terimakasih sudah membaca penyebab lampu indikator Ac dan cara mengatasinya semoga bermanfaat.
Delta Multi Technic
Delta Multi Technic Penyedia layanan terkemuka untuk perbaikan dan pemeliharaan perangkat elektronik rumah tangga di wilayah Jakarta Selatan.