Penyebab AC Tidak Dingin

Daftar Isi
penyebab ac tidak dingin

Disini kami akan membahas penyebab AC tidak dingin, Cuaca yang panas dan terik matahari jadi semua orang ingin mnggunakan AC diruangannya. Nah !! jika diruangan Anda sudah memakai AC dan terjadi tidak dingin atau kurang dingin ketahui penyebabnya.

1. Pengaturan remot AC salah

penyebab ac tidak dingin menurut ahlinya

Salah satu peenyebab AC tidak dingin bisa dari pengaturan remot AC. Jika Anda sering pencet-pencet remot/sering dipencet anak anda sendiri pengaturan remot bisa berubah ke mode lain. 

Cara mengembalikannya, anda harus mengatur remot ke Mode Cool. Dengan mengembalikan pengaturan remot ke mode cool hembusan angin Fan jadi kencang dan sistem modul indoor akan bekerja mengirim arus listrik ke outdor. Jika ingin hembusan angin indoor kencang silahkan atur fan remot ke level max atau sesuai keinginan Anda.

2. AC kotor 


penyebab ac tidak dingin

AC tidak dingin bisa disebabkan juga karena kotor, dengan banyaknya debu yang menempel pada filter/lendir yang menempel pada evaporator indor bisa menggangu sirkulasi udara yang dihisap fan indor.

Maka dari itu sistem pendingin udara ( AC ) harus dilakukan service rutin berkala minimal 2-3 bulan sekali'

3. Kondisi ruangan


ac tidak dingin

Kondisi ruangan yang terlalu besar gak sesuai dengan kapasitas AC nya dan kondisi ruangan yang berdinding Kaca jadi kalau siang langsung kena sinar matahari langsung menggangu kinerja AC.

Jadi kalau mau pasang AC sesuaikan kapasitas AC dengan lebar ruangan biyar pendinginan maksimal. dan jika rumah anda berdinding kaca sebagian seharus dikasih kordeng yang tebal atau berlapis, jadi sinar matahari gak tembus kedalam.

4. Penempatan mesin AC ( outdoor )




Penempatan mesin yang terlalu sempit bisa menggangu sirkulasi udara, udara panas yang dihisap fan outdor gak bisa dibuang ( kompresor AC akan cepat panas dan cepat rusak ). Sirkulasi udara pada outdor yang gak bisa dibuang akan menyebabkan ampere kompresor naik tinggi dan bisa mengakibatkan mesin sering mati hidup.

Pilihlah penempatan mesin outdor yang luas dan sirkulasi udara yang baik untuk mencegah kerusakn dini pada kompresor. Jika memang ruangan nya sempit usahakan sirkulasi udaranya cukup.

5. Tekanan freon kurang


tekanan gas freon salah satu penyebab utama ac tidak dingin

Jika tekanan freon AC kurang kerja mesin gak maksimal, maka dari itu lakukan pengecekan freon. bila freon kurang dari batas minimum yang ditentukan akan terjadi kurang dingin, apabila freon habis pasti tidak dingin.

bila memang kurang harus ditambah sesuai batas maksimal dan type freon AC yang sama (pastikan dulu tidak ada yang bocor).

6. Fan indor/outdor lemah


putaran motor indor gak normal bisa juga ac tidak dingin

Fan/motor fan yang lemah atau putarannya tidak kencang bisa menggangu sirkulasi penghisapan udara.

Solusinya Anda harus panggil tukang AC suruh cek komponen mana yang perlu diganti.

7. Kompresor lemah/rusak
kinerja kompresor tidak normal

kompresor ialah menetapkan perbedaan tekanan dalam suatu sistem pendingin. Oleh karean itu menyebabkan zat pendingin dalam sistem mengalir dari suatu bagian kebagian lain. Kompresor suatu pompa yang bertugas untuk mensirkulasi freon/zat pendingin.

Bila kompresor AC anda sudah lemah sistem kerja sirkulasi freon nya gak maksimal dan bisa menyebabkan kinerja ac kurang dingin dan apabila kompresor AC sudah rusak total akan gak dingin sama sekali.


Nah..... itulah beberapa jenis masalah pada ac yang tidak dingin, semoga dapat menambah wawasan pengetahuan kita dan bermanfaat. Jika anda membutuhkan jasa service Ac dan elektronik lainya silahkan kunjungi kami di www.deltaserviceac.com .

Baca juga : Penyebab lampu indikator AC split berkedip
Delta Multi Technic
Delta Multi Technic Penyedia layanan terkemuka untuk perbaikan dan pemeliharaan perangkat elektronik rumah tangga di wilayah Jakarta Selatan.